Senin, 29 Februari 2016

5 Cara Bagaimana Memilih Baju Bayi yang Benar

Memilih baju bayi yang benar kadang-kadang merupakan sebuah tantangan bagi orang tua, terutama saat mereka baru pertama kali merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang ayah dan ibu. Banyak baby shop yang menawarkan berbagai jenis produk baju bayi, dari berbagai merk. Selain model dan warna yang bervariasi, ada juga berbagai variasi harga, mulai dari puluhan ribu rupiah hingga sampai ratusan ribu rupiah. Sebenarnya, apa yang membuat sebuah baju bayi lebih berkualitas dibandingkan yang lainnya?
baju bayi eksklusif dari Jaime and Jaimie
White bodysuit untuk bayi laki-laki yang dilengkapi dengan dasi kupu-kupu
Setidaknya ada 5 hal yang harus diperhatikan saat memilih baju bayi:
  1. Jangan membeli terlalu banyak

    Anda mungkin tergiur dengan promo dari brand tertentu yang menawarkan harga jauh lebih murah bila Anda membeli banyak sekaligus, namun sayangnya, ini mungkin bukan keputusan yang bijak. Lebih baik bila Anda membeli satu baju bayi dari merk tertentu terlebih dahulu, dan apabila bahan, ukuran, dan modelnya cocok dengan bayi Anda, Anda dapat berbelanja lebih banyak. Jangan membeli baju bayi yang tidak gender-neutral sebelum Anda mengetahui jenis kelamin bayi. Pilihlah warna yang dianggap netral, misalnya putih atau kuning.
  2. Utamakan kenyamanan si bayi

    Baju bayi yang dibebani terlalu banyak aksesoris seperti manik-manik atau renda yang berlebihan tidak akan nyaman digunakan oleh si kecil. Walau terlihat bagus dan mencolok, aksesoris seperti bros, payet, atau pita-pita yang menjuntai dapat menyebabkan bayi tersedak atau bahkan menelannya. Untuk bahannya, baju bayi yang berbahan kain katun lebih disarankan ketimbang baju bayi berbahan nilon, polyster, atau kain sintetis lainnya. Hal ini dikarenakan kain katun lebih mudah menyerap keringat dan mencegah terjadinya biang keringat. Kurangi penggunaan headband atau bando bayi yang terbuat dari pita juga, karena dapat menghambat peredaran darah bayi di kepala. 
  3. Belilah baju bayi sesuai dengan cuacanya

    Bila Anda berencana bepergian ke negara bermusim dingin atau ke suatu daerah yang temperaturnya rendah, tidak ada salahnya melengkapi lemari baju bayi Anda dengan jaket yang didesain untuk menjaga bayi tetap hangat. Sebaliknya, jika cuaca di tempat tinggal Anda cenderung panas, carilah baju yang mudah menyerap keringat dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit bayi. Baju hangat yang disarankan untuk bayi adalah baju yang terbuat dari katun atau wol, ketimbang baju berserat tinggi. Hindari baju bayi yang menggunakan terlalu banyak karet di daerah punggung, pergelangan tangan dan kaki, atau paha.
  4. Cari yang perawatannya mudah

    Apabila dikenakan bayi, bukan tidak mungkin Anda harus mencuci baju yang sama berulang kali karena muntahan, bekas susu, atau keringat. Carilah baju bayi yang mudah dicuci, terutama tanpa harus menggunakan deterjen bubuk yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit si kecil. Hindari juga penggunaan pewangi dan pemutih yang kaya akan zat kimia dan mungkin berbahaya dan bisa berefek jangka panjang bila tercium bayi. Sebaliknya, gunakanlah deterjen cair yang aman.
  5. Beli dengan ukuran yang tepat

    Ukuran yang tepat dimaksud di sini bukan berarti ukuran yang pas dengan bayi, melainkan sedikit lebih besar. Hal ini dikarenakan, bayi bertumbuh dengan sangat cepat, dan baju yang terlalu ketat akan membuat bayi tidak nyaman, Bayi juga memiliki kulit yang luar biasa sensitif, dibanding orang dewasa karena lapisan kulit terluarnya 30% lebih tipis. Pilihlah baju bayi yang menyediakan kisaran usia dan berat yang disarankan, agar membantu Anda memprediksi ukuran baju mana yang cocok sesuai dengan berat dan usia bayi Anda
Coat bayi cocok dipakai di musim dingin atau bepergian ke luar rumah
Coat yang cocok digunakan di tempat dingin


Di atas merupakan 5 tips memilih baju bayi yang tepat bagi Anda yang sedang mencarinya. Jangan khawatir, karena sekarang kami hadir sebagai baby shop di Surabaya yang menyediakan keperluan bayi yang eksklusif. Jangan lupa juga membaca tips singkat bidanku mengenai baju bayi yang aman karena kami bekerja sama dengan bidanku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar